Mahar Musamma dan Mitsil, Ketahui Perbedaan dua Jenis Mahar Pernikahan ini

Mahar Musamma dan Mitsil, Ketahui Perbedaan dua Jenis Mahar Pernikahan ini

Perbedaan Mahar dan Mas Kawin Dalam Pernikahan Islam, -Perbedaan Mahar dan Mas Kawin Dalam Pernikahan Islam, -

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Pernikahan adalah bersatunya dua orang insan, pria dan Wanita yang saling mencintai dan meyangi. Membuat janji suci dalam ikatan pernikahan , bersedia hidup bersama baik suka dan duka sampai maut yang memisahkan.

 

Tidak ada yang mampu mengelak betapa kuatnya janji pernikahan. Oleh karenanya, menikah adalah monet yang sangat special bagi sebagai besar orang. Mereka akan mempersiapkan banyak hal jelang hari pernikahannya.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Tradisi Sinamot Dalam Pernikahan Adat Batak Toba, Seberapa Besar Maharnya?

 

Salah satu barang yang gak boleh ketinggalan bagi para pengantin pria dalam mempersiapkan pernikahan adalah Mahar. Mahar merupakan barang simbolis yang diberikan pengantir pria kepada Wanita sebagai hadiah pernikahan.

 

Mahar adalah elemen penting dalam pernikahan Islam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mahar adalah pemberian yang wajib berupa uang atau barang dari mempelai pria kepada mempelai wanita saat akad nikah.

 

Mahar pernikahan dibagi menjadi dua jenis, yaitu mahar musamma dan mahar mitsil. Berikut penjelasannya:

 

Mahar Musamma

 

Ini adalah mahar yang sudah ditentukan jumlah dan jenisnya saat akad nikah. Mahar ini harus dibayarkan secara penuh jika pasangan telah berhubungan intim atau jika salah satu dari mereka meninggal.

 

Jika pernikahan dibatalkan karena alasan tertentu, seperti ternyata istri adalah mahram atau tidak sesuai dengan yang diharapkan, mahar musamma tetap harus dibayar sepenuhnya.

 

Mahar Mitsil

 

Mahar mitsil adalah mahar yang tidak disebut besar kadarnya pada saat sebelum ataupun sesudah pernikahan. Mahar ini diukur (sepadan) sesuai dengan mahar yang pernah diterima oleh keluarga terdekat, agak jauh dari tetangga sekitarnya, dengan mengikat status sosial, kecantikan, dan lain-lain.

 

Mahar seperti ini jumlahnya mengikuti maharnya saudara perempuan pengantin wanita. Apabila tidak ada, maka mitsil itu bisa berdasarkan ukuran wanita lain yang sederajat dengan dia.

BACA JUGA:12 Rekomendasi Mahar Pernikahan, Dari yang Paling Basic HIngga Outoffthebox

 

Mahar mitsil juga bisa terjadi dalam keadaan bila jumlah/kadarnya tidak disebutkan saat akad nikah berlangsung, kemudian suami-istri telah bercampur, maupun meninggal sebelum bercampur. Kedua adalah bila mahar musamma belum dibayar sedangkan suami telah bercampur dengan istri dan ternyata nikahnya tidak sah.

 

Demikian perbedaan mahar Musamma dan Mitsili, jadi apa mahar yang ingin kamu berikan kepada calon istrimu?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: